Fase Luteal Cacat (LPD/Luteal Phase Defect)

ObatCepatHamil.com – Fase luteal merupakan masa saat ovulasi terjadi hingga hari pertama mens. Ini juga merupakan masa dimana kemungkinan terjadi kehamilan sangat tinggi. Bila terjadi pembuahan, janin akan menempel di dinding rahim (implantasi).

Ada suatu kondisi yang dinamakan Luteal Phase Defect ( Fase Luteal Cacat) Banyak wanita tidak menyadari bahwa mereka memiliki Fase Luteal Cacat sampai mereka mencoba untuk hamil.

Fase luteal yang berlangsung kurang dari 10 hari dapat dikategorikan sebagai fase luteal cacat. Perlu lebih dari 10 hari dalam fase luteal Anda agar implantasi dapat terjadi dan dipertahankan. Dengan kurang dari 10 hari, lapisan rahim mulai meruntuhkan diri terlalu dini – tidak siap untuk implantasi yang menyebabkan keguguran dini. Sebagaimana dinyatakan di atas, banyak perempuan tidak menyadari cacat ini sampai mereka mencoba untuk hamil, tetapi ada beberapa gejala untuk mencari tahu. Beberapa wanita mungkin mengalami periode sering tapi ringan. Wanita yang melacak ovulasi mereka, mungkin melihat bahwa setelah ovulasi, suhu tubuh basal mereka tidak meningkat selama fase luteal (padahal seharusnya suhu tubuh basal meningkat, karena terjadi peningkatan progesteron setelah ovulasi terjadi).

Ada beberapa penyebab diketahui  fase luteal cacat:

  • Produksi Folikel yang kurang: tingkat FSH berkorelasi langsung dengan produksi folikel.Hal ini dapat disebabkan oleh dua hal : tubuh Anda tidak memproduksi FSH cukup atau lapisan rahim Anda tidak merespon FSH yang diproduksi.Corpus luteum menghasilkan progesteron, yang diperlukan untuk mempersiapkan lapisan rahim untuk implantasi. Produksi folikel yang tidak memadai pada paruh pertama dari siklus Anda mengarah ke kualitas corpus luteum yang buruk.
  • Kegagalan lapisan rahim merespon: Dalam hal ini, tingkat FSH, mungkin cukup, seiring dengan perkembangan folikel sehat dan Corpus luteum, namun bila lapisan rahim tidak merespons pada progesteron yang normal, maka lapisan rahim kemungkinan besar tidak akan siap untuk implantasi.
  • Kegagalan prematur Corpus luteum: Corpus luteum bisa gagal ketika kualitas awal tidak cukup. Tingkat progesteron akan mulai rendah dan drop lebih jauh lagi setelah lima sampai tujuh hari setelah ovulasi.

Jika Anda menemukan bahwa Anda memiliki  fase luteal cacat, ada beberapa solusi: Vitamin B6 adalah salah satu pilihan bijaksana. Asupan Vitamin B6 setiap hari dapat memperpanjang fase luteal Anda. B6 dapat ditemukan dalam suplemen kesuburan, seperti FertilAid for Women. Fase luteal cacat mungkin terdengar sedikit menakutkan tapi cukup mudah untuk didiagnosa dan diperbaiki.