Home » Blog » 10 Fakta Penting Tentang Menstruasi

10 Fakta Penting Tentang Menstruasi

Sunday, December 9th 2012. Posted in Blog

Siklus MenstruasiObatCepatHamil.com – Terlepas dari kenyataan bahwa wanita mengalami menstruasi setiap bulan, peristiwa ini tetap menjadi fenomena yang mengejutkan. Banyak dari kita tahu kapan kira-kira menstruasi akan datang. Kita juga mungkin tahu apa yang harus dilakukan saat itu, namun sampai pada tahap bagaimana fungsinya, masih banyak yang perlu kita pelajari. Dapatkan informasi tambahan, dengan membaca delapan fakta yang berhubungan dengan siklus haid sebagai berikut.

1. Beberapa wanita bisa merasakan dirinya mengalami ovulasi.

Ovulasi, yang berlangsung satu sampai dua hari, mengacu pada fase dalam siklus haid Anda ketika ovarium melepaskan telur untuk pembuahan. Menurut Dr. Wider, perubahan halus yang mungkin terjadi sebelum dan selama ovulasi adalah payudara menjadi lebih lunak, kenaikan suhu tubuh basal dan peningkatan lendir serviks. Semua gejala ini merupakan cara biologis tubuh untuk mempersiapkan fertilisasi. Walaupun beberapa wanita mungkin tidak merasa adanya perubahan yang spesifik, namun beberapa lainnya justru sangat merasakannya. “Beberapa wanita mungkin mengalami mittelschmerz, yakni rasa nyeri pada perut bagian bawah yang muncul pada saat ovulasi.” ujarnya. Tepat sebelum ovulasi, dengan bantuan estrogen, folikel berkembang di dalam jaringan ovarium. Ketika telur dilepaskan, folikel pecah, menyebabkan cairan terlepas ke dalam rongga perut, yang dapat membuat keadaan tidak nyaman bagi beberapa wanita. “Beberapa wanita bahkan merasakan keadaan ini di bagian kiri perut pada bulan tertentu dan pada bagian kanan perut pada bulan yang lainnya. Ini disebabkan karena ovarium mengeluarkan telur secara bergiliran.”

2. Kram saat menstruasi dapat terjadi di bagian tubuh yang lain selain perut.

Wanita juga dapat mengalami nyeri punggung bawah dan kaki atas selama menstruasi. “Ini seperti sebuah sarang dimana semua ranting terjalin, “ kata Dr. Lyster. “Jadi jika sesuatu terasa tidak nyaman pada satu sisi, seperti misalnya pada perut, Anda mungkin akan merasakannya juga di sisi yang lain, seperti punggung bawah. “Kram menstruasi juga terasa berbeda dari kram yang terjadi di bagian tubuh yang lain. Kram menstruasi terasa lebih seperti nyeri tumpul.” Ini disebabkan karena, seperti halnya kandung kemih dan arteri, rahim tergolong otot polos, “ kata Christine Y. Ko, MD, seorang dokter umum di San Diego. “Berbeda dengan otot lurik, seperti misalnya otot-otot yang menempel di kerangka kaki Anda, ketika rahim berkontraksi Anda akan merasakan rasa nyeri yang lebih dalam dan sulit diungkapkan.”

3. Panjang Siklus tidak hanya bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya, tetapi juga dari satu bulan ke bulan berikutnya.

“Siklus menstruasi rata-rata setiap 28 hari sekali, meskipun adalah normal jika siklusnya jatuh di hari ke-21 hingga ke-35,” kata Jennifer Wider, MD, juru bicara Society of Women’s Health Research dan penulis the Savvy Women Period. Saat menghitung panjang siklus anda, hari ke-1 adalah hari pertama ketika Anda mengalami menstruasi, dan hari terakhir adalah hari sebelum menstruasi berikutnya tiba.

Menurut Elizabeth Lyster, MD, seorang ahli kandungan di Torrence, California, umumnya fase pertama dari siklus menstruasi bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya. “Waktu dari hari pertama siklus sampai terjadi ovulasi bisa berselang antara satu sampai tiga minggu,” katanya, “Sementara tahap kedua yang terjadi pasca ovulasi, berlangsung sekitar 14 hari untuk semua orang. “Panjang siklus juga tergolong normal jika bervariasi dari bulan ke bulan. Stres, diet dan banyak faktor lainnya memainkan peran penting atas variasi ini. Untuk menstruasi yang tidak teratur, ada tumbuhan alami seperti vitex yang dapat membantu menormalkan siklus mensturasi, seperti yang terkandung dalam FertilAid for Women. Vitex sering digunakan sebagai perawatan alami untuk masalah ketidaksuburan dan terutama sangat membantu bagi wanita dengan siklus bulanan yang tidak teratur atau fase menstruasi yang pendek.

4. Kecil kemungkinannya seks dapat meredakan kram menstruasi.

Jika Anda pernah mendengar bahwa seks adalah obat yang baik untuk kram, anda mungkin perlu membuangnya jauh-jauh. Untuk kaum wanita ini hanyalah mitos, “ kata Dr Ko. Orgasme dapat menyebabkan kontraksi otot polos pada vagina dan rahim yang menyenangkan bagi banyak orang, tetapi bisa juga membuat tidak nyaman bagi sebagian orang. Dan ketika leher rahim disentuh, yang kadang-kadang terjadi selama seks, kram rahim dapat terjadi. Lebih jauh lagi, menurut Whitney Pollock, DO, seorang spesialis kandungan di Pottsville, Pennsylvania, air mani berisi prostaglandin, yang dapat merangsang rahim berkontraksi. Ini merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan kram.

5. Pada saat ovulasi, laki-laki mungkin merasa anda lebih menarik.

Sebuah studi dari Journal Psychological Science menemukan bahwa ketika laki-laki mencium kaos yang dikenakan oleh wanita yang sedang ovulasi, kadar testosteron mereka meningkat jauh lebih banyak daripada ketika mereka mencium kaos yang dipakai oleh wanita yang tidak pada masa ovulasi. Temuan ini menyiratkan bahwa pria menunjukkan dorongan biologis untuk kawin dengan wanita yang sedang berovulasi. Studi ini menunjukkan bahwa “perempuan secara alami menarik laki-laki pada kondisi yang paling subur, “ kata Dr. Wider. Banyak perempuan juga melaporkan bahwa ada peningkatan libido selama masa ovulasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita cenderung berlaku lebih genit pada periode ini.

6. Setelah Pil KB ditinggalkan, Anda mungkin saja perlu waktu kurang lebih 1 tahun untuk memperoleh siklus menstruasi yang teratur.

Pil KB menghasilkan satu dosis hormon buatan yang menyerupai hormon yang secara alami diproduksi oleh tubuh Anda. Salah satu cara hormon-hormon ini mencegah kehamilan adalah dengan menekan ovulasi, yang dapat mengubah ritme alami tubuh Anda secara tiba-tiba. Setelah Anda berhenti minum pil KB, siklus Anda akan kembali ke ritme alami, tetapi ini perlu waktu tertentu. Sebagai contoh, meskipun tetap mungkin untuk memperoleh kehamilan segera setelah berhenti menggunakan pengontrol kelahiran, kebanyakan dokter akan menyarankan untuk menunggu sampai menstruasi Anda kembali normal. Saat menstruasi kembali normal, ini menandakan bahwa Anda telah berovulasi kembali secara teratur. Hal yang sama juga berlaku saat mendiagnosa kondisi terkait menstruasi. “Biasanya dokter akan menunggu paling lama enam bulan sejak pasien berhenti minum pil KB, sebelum mereka mulai mencari penyebab menstruasi yang abnormal, “ kata Dr. Wider.

7. Pereda PMS (Premenstrual Syndrome=sakit menstruasi) alami memang ada.

Coklat bukanlah solusi satu-satunya untuk sakit kepala, sakit perut dan mood yang buruk. Vitamin dan mineral tertentu bisa juga membantu meringankan gejala PMS. Studi menunjukkan bahwa kalsium dapat mengatasi kram otot polos, sedangkan vitamin D dapat meningkatkan mood. Magnesium juga dapat membantu meringankan mood yang jelek, perasaan ingin marah serta nyeri otot. Menurut Dr. Wider, seluruh vitamin B kompleks, yang mencakup B12, B6 dan asam folat, dapat membantu meringankan gejala menstruasi seperti kram dan mengidam. Sebagai tambahan, banyak teh herbal di pasaran dapat mengurangi efek PMS. Meskipun teh herbal tidak mengandung vitamin di atas, banyak perempuan melaporkan bahwa gejala PMS berkurang setelah mengkonsumsi teh herbal.

8. Peluang terkena infeksi jamur menurun saat menstruasi.

Jika Anda sering menderita infeksi jamur, Anda mungkin sadar bahwa infeksi jamur jarang terjadi pada saat menstruasi. Menurut Dr. Wider, ini terjadi karena darah menstruasi dapat meningkatkan pH vagina Anda, sehingga sulit bagi jamur untuk berkembang. Tentunya, peluang terkena infeksipun turun. Namun, bagi beberapa perempuan, pH yang meningkat ditambah fluktuasi hormon, juga dapat menyebabkan perkembangan infeksi bakteri yang lebih banyak selama menstruasi. Hal ini dapat dapat diidentifikasi dari bau amis yang muncul. Jika Anda mengalami gejala ini, segera hubungi dokter.

9. Saat menstruasi, sebaiknya tidak minum teh hijau.

Dalam masa menstruasi, wanita banyak kehilangan darah, sementara elemen penting sintesis hemoglobin manusia zat besi, akan ikut hilang bersama darah. Menurut penelitian, di samping hilangnya zat besi secara normal pada tubuh manusia, periode menstruasi wanita mengurangi 18-21 mg zat besi. Oleh karena itu, sering dianjurkan bagi wanita dalam periode ini untuk menambah keanekaragam makanan kaya zat besi, seperti jamur hitam, hati dan seterusnya, sehingga untuk menghindari kekurangan zat besi yang dapat menngakibatkan anemia. Namun, jika Anda minum teh hijau selama menstruasi, malah berdampak buruk. Teh hijau mengandung tannin, dengan zat besi dalam molekul makanan, membentuk sejumlah besar presipitat mukosa menghambat penyerapan molekul zat besi di usus.

10. Saat menstruasi, sebelum bersih total jangan melakukan hubungan intim.

Kenapa? karena organ intim wanita akan mengalami infeksi karena darah yang seharusnya keluar terdorong ke dalam vagina. Itu menyebabkan terjadinya endometriosis, yang dapat menyebabkan sulit hamil.


Support Obat Cepat Hamil